Kamis, 14 April 2016

Lima Seri Novel Distopia Ini Ngehits di Indonesia





Tidak hanya di belahan bumi Amerika, di indonesia kini para pembaca fiksi sedang tergila-gila dengan fiksi begenre distopia. Apakah distopia? Distopia  merupakan masyarakat fiktif yang merupakan  berlawanan dengan utopia. Masyarakat distopia umumnya hidup di bawah pemerintah yang totaliter atau otoriter, atau diawasi di bawah pengawasan sosial yang ketat dan menindas. 

Fiksi distopia biasanya mengambil setting masa depan  maupun sejarah alternatif. Di Indonesia mulai booming ketika seri The Hunger Games dari Suzanne Collins ngehits.  Hingga saat ini beberapa seri fiksi distopia terus menjadi bacaan pelahap fiksi. Apa saja lima besarnya?

Seri Trilogi The Hunger Games

The Hunger Games merupkan jenis fiksi distopia yang pertama terbit pada tahun 2008  buah karya penulis Amerika Serikat Suzanne Collins. Yang menarik  novel ini menggunakan sudut pandang seorang gadis umur 16 tahun bernama Katniss Everdeen, yang  menetap di sebuah negara distopia pascaapokalips bernama Panem di Amerika Utara. Capitol, ibu kota metropolis yang sangat maju, memegang kendali politik atas keseluruhan negara.

The Hunger Games sendiri merupakan  acara tahunan yang  mau nggak mau diikuti oleh  laki-laki dan perempuan berusia antara 12 – 18 tahun dari dua belas distrik di sekeliling Capitol dan disiarkan secara langsung di televisi.

Seri buku ini merupakan triologi, dengan dua judul buku lainnya, yakni Catching Fire dan Mockingjay.


Seri Trilogi Divergent

Divergent merupakan  novel  karangan  penulis Amerika Serikat Veronica Roth.  Cerita novel ini mengambil latar kota Chicago masa depan usai perang nuklir yang menghancurkan dunia. Penduduk kota dibagi menjadi 5 faksi: Abnegation untuk orang-orang yang tidak mementingkan diri sendiri dan tanpa pamrih; Amity untuk orang-orang yang cinta perdamaian; Candor untuk orang-orang jujur; Dauntless untuk orang-orang pemberani; dan Erudite untuk orang-orang cerdas.

Beatrice Prior, gadis usia 16 tahun, terlahir dari keluarga Abnegation yang sederhana dan tanpa pamrih. Namun, ia memilih meninggalkan faksi ini untuk bergabung dengan para pemberani di Faksi Dauntless.Beatrice mengganti identitas menjadi  Tris, berharap menemukan jati dirinya bersama para Dauntless.

Plot utama novel ini adalah mengenai pembagian masyarakat ke dalam berbagai jenis faksi menurut kepribadian, mirip dengan novel Clans of the Alphane Moon (1964) karya Philip K. Dick.


Seri The Maze Runner

 The Maze Runner terdiri dari dua judul buku, yakni The Scorch Trials (2010) dan The Death Cure (2016) karya James Dashner.  Novel ini bercerita tentang remaja bernama Thomas dibawa ke suatu tempat yang dikenal sebagai Glade, tanpa ingatan mengenai hidup maupun dunianya.

Satu-satunya yang diingat hanyalah namanya. Ia dan banyak remaja laki-laki hidup di Glader dan menyebut diri mereka sebagai Gladers. Mereka membuat sebuah komunitas di mana setiap Glader mengerjakan tugasnya masing-masing. Glade dikelilingi oleh Labirin raksasa dimana makhluk mekanik raksasa bernama Griever berkeliaran di malam hari. Pintur besar mengelilingi seluruh Glade tertutup setiap malam yang melindungi para Glader dari makhluk mengerikan tersebut.

Thomas dan kawan-kawan akhirnya berhasil lolos, dan melanjutkan petualangan mereka.

James Dashner juga membuat prequelnya berjudul The Kill Order (2012), dan berencana membuat prequel lainnya The fever Code (2016).

Seri Trilogi Delirium

Buku ini bercerita tentang dunia yang melarang untuk jatuh cinta dan ditulis oleh  Lauren Oliver. Di Amerika Serikat, cinta telah dinyatakan sebagai penyakit yang berbahaya. Lena Haloway  hidup dengan bibinya, paman, dan sepupu di Portland, Maine.  Lena  sangat banyak berharap untuk sembuh dan hidup aman. Dia melihat cinta menghancurkan ibunya dan tidak ingin membuat kesalahan yang sama.

Tapi dengan sembilan puluh lima hari tersisa sampai perawatannya, Lena bertemu cowok  misterius Alex, seorang anak dari Wilds yang tinggal di bawah radar pemerintah. Apa yang akan terjadi jika mereka melakukan yang tak terpikirkan dan akhirnya jatuh cinta?

Kisah cerita ini sangat disukai para pembaca. Dua judul lainnya adalah Pandemonium dan Requiem juga tak kalah serunya.



Seri 5th Wave

Novel ini bercerita tentang  serangan alien yang terjadi dalam 5 gelombang. Gelombang pertama, bumi gelap gulita saat listrik di seluruh dunia padam. Gelombang kedua, bumi diterjang tsunami yang dahsyat. Gelombang ketiga,wabah menjangkiti manusia dan gelombang keempat, para alien turun untuk menginvasi.


Masih ada gelombang terakhir yang akan dilakukan oleh para alien. Jika gelombang kelima sukses, maka dipastikan umat manusia akan punah. Seorang gadis bernama Cassie Sullivan mencoba mencari tahu apa jenis gelombang kelima dan bagaimana cara melawan balik para alien. Dia juga berjuang mencari adiknya yang terpisah, Sam Sullivan.

Seri buku ini ditulis oleh Rick Yancey. Dua judul buku lainnay berjudul The Infinite Sea dan The Last Star yang baru akan rilis bulan Mei tahun 2016.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar